BeritaKota24

Santapan Nikmat dari Bunga Telang Yang Bermanfaat

Santapan Nikmat

Santapan Nikmat dari Bunga Telang Yang Bermanfaat Dapat Di Olah Menjadi Makanan Hingga Minuman Yang Lezat. Siapa sih yang nggak tau dengan bunga telang? bunga ini menjadi salah satu bunga yang sangat mudah di temukan di sekitar. Bunga telang merupakan bunga yang dapat tumbuh dengan mudah di mana saja. Maka tak heran jika bunga telang dapat dengan mudah di temukan di mana-mana. Bunga yang memiliki warna ungu tentu sangat menarik untuk di menghiasi halaman rumah mu. Faktanya bunga telang dapat di olah menjadi berbagai hidangan yang nikmat dan juga sehat. Bunga ini menjadi bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Pastinya setelah membaca artikel di atas kamu menjadi sangat penasaran dan ingin tahu lebih dalam mengenai khasiat dari bunga ini. Selain dapat di olah menjadi berbagai Santapan Nikmat, bunga telang juga banyak di manfaatkan sebagai pewarna alami. Bunga yang memiliki warna ungu yang sangat cantik ini banyak di jadikan sebagai pewarna alami dalam pembuatan makanan. Tentu kamu sudah nggak asing lagi dengan manfaat bunga telang satu ini. Tapi tahukah kamu bahwa bunga ini juga dapat bermanfaat untuk kesehatan? untuk kamu yang penasaran, simak terus artikel ini karena akan menyuguhkan sederet manfaat bunga telang yang baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu saja, untuk mendapatkan berbagai manfaat dari bunga telang kamu bisa mengolah bunga ini menjadi makanan dan minuman yang nikmat. Pastinya kamu akan sangat menyukai hidangan atau olahan makanan dari bunga telang ini. Tentunya berbagai olahan ini memiliki cita rasa lezat sehingga akan banyak di sukai. Berbagai olahan makanan dan minuman dari bunga telang di antaranya adalah smoothies hingga minuman rempah yang berkhasiat.

Untuk kamu yang sudah sangat penasaran dengan berbagai olahan tersebut, di bawah ini merupakan berbagai Santapan Nikmat dari bunga telang yang dapat bermanfaat untuk menyegarkan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Smoothies Bunga Telang Menjadi Santapan Yang Sangat Nikmat

Smoothies Bunga Telang Menjadi Santapan Yang Sangat Nikmat yang bisa kamu olah dari bunga telang. Pastinya kamu sedikit terkejut dengan cita rasa dari smoothies bunga telang ini. Pasalnya umumnya smoothies terbuat dari buah-buahan dan sedikit sayuran. Kini kamu bisa menambahkan bunga telang dalam bahan-bahan pembuatan smoothies mu.

Bunga telang dapat di olah menjadi berbagai makanan dan minuman yang sangat nikmat. Untuk membuat smoothies dari bunga telang, kamu bisa mencampurkan bunga telang kering dengan pisang untuk di blender bersama dengan es batu. Tentunya hidangan ini akan sangat nikmat dengan warna ungu yang sangat menarik. Tak hanya itu saja, pastinya hidangan dari bunga telang dan pisang ini memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Olahan dari bunga telang selanjutnya adalah minuman rempah yang berkhasiat. Kamu bisa mencampurkan bunga telang kering bersamaan dengan serai, jahe, dan cengkeh lalu di rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma sedap. Minuman ini memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk menambah kesegaran, kamu juga bisa menambahkan perasaan lemon atau jeruk nipis. Sedangkan untuk mendapatkan cita rasa manis, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis yang sehat.

Tentunya minuman berkhasiat tersebut memiliki cita rasa yang nikmat. Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati minuman dari bunga telang ini. Minuman rempah dari bunga telang ini dapat di nikmati secara hangat maupun dingin sesuai dengan selera mu. Perpaduan bunga telang dan rempah-rempah pastinya akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu tunggu apa lagi, jika kamu memiliki tanaman bunga telang kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai minuman yang nikmat dan juga sehat.

Wajik Ungu Bunga Telang Yang Cantik dan Menarik

Santapan nikmat yang berasal dari olahan bunga telang selanjutnya adalah Wajik Ungu Bunga Telang Yang Cantik dan Menarik. Pastinya kamu nggak pernah kepikiran untuk membuat wajik dari bunga telang. Makanan tradisional ini sering kali memiliki warna coklat dari gula jawa atau hijau dari pewarna hijau. Kini kamu bisa mengkreasikan wajik dengan warna ungu cantik dari bunga telang yang tentunya menarik.

Bunga telang dapat di manfaatkan sebagai pewarna alami yang memberikan warna ungu yang sangat cantik. Tentunya olahan makanan dengan warna ungu bunga telang akan terlihat sangat menarik untuk di sajikan. Untuk membuat wajik ungu dari bunga telang, kamu membuatuhkan 20 hingga 30 kelopak bunga telang. Rebus kelopak bunga telang hingga mendidih dan memberikan warna ungu pekat.

Setelah masak, pindahkan air rebsuan bunga telang ke dalam baskom. Masukkan beras ketan yang telah di rebus setengah matang. Masak kembali beras ketan yang telah di campurkan dengan air rebusan bunga telang. Masak dengan api sedang dan tunggu hingga wajik matang. Tentu sangat mudah bukan. Kini kamu bisa memanfaatkan bunga telang sebagai pewarna makanan yang sangat cantik dan menarik.

3 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Setelah mengajak kamu untuk membuat sederet olahan bunga telang, kini artikel ini akan menyuguhkan sederet manfaat dari bunga telang yang baik untuk kesehatan. Pastinya kamu juga masih belum banyak yang tahu mengenai manfaat dan khasiat dari bunga telang ini. Berikut, di bawah ini merupakan 3 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan.

Manfaat dari bunga telang yang pertama adalah dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Bunga telang mengandung sekitar 52% asam oleat. Dimana asam oleat merupakan asam lemak yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Asam oleat mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh dan juga dapat menurunkan risiko terkena kanker karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang ada pada bunga telang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Bunga telang juga dapat di manfaatkan sebagai bahan alami yang dapat menurunkan kolestrol tinggi pada tubuh. Kadar kolestrol di dalam tubuh dapat di kontrol dengan rutin mengkonsumsi olahan dari bunga telang. Tentunya dengan kadar kolestrol yang terjaga, kamu akan mendapatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

Tak banyak yang tahu bawha bunga telang juga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bunga telang memiliki kandungan flavanoid glikosida yang baik dalam meningkatkan penyembuhan pada luka. Tak hanya itu saja, ekstrak bunga telang juga mengandung senyawa fenolik. Yang mana senyawa ini dapat di manfaatkan untuk penyembuhan luka dari luar dengan cara di oles pada bagian tubuh yang terluka. Tentunya mengkonsumsi bunga telang dari dalam atau mengoleskan ekstrak bunga telang pada luka luar akan menjadi obat herbal yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Terdapat banyak sekali manfaat yang di berikan oleh bunga berwarna ungu satu ini. Tentunya kamu bisa dengan mudah menemukan bunga telang di sekitarmu. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa dengan mudah mengolah bunga telang menjadi Santapan Nikmat.

Exit mobile version