BeritaKota24

Waspada, Sederet Daerah Ini Akan Terdampak Gempa Megathrust

Waspada

Waspada, Sederet Daerah Ini Akan Terdampak Gempa Megathrust Yang Di Perkiran Akan Terjadi Dalam Waktu Dekat Ini. Badan Meteorologi, Klimatilogi, dan Geofisika atau BMKGG memprediksi akan terjadi gempa megathrust dalam waktu dekat ini. Peringatan ini di keluarkan dan di tujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar bersiap akan bencana alam satu ini. Yang mana di perkiran gempa megathrust berpotensi mengenai sejumlah daerah di indonesia. Pastinya kamu udah nggak asing lagi dengan posisi atau letak geografis Indonesia yang berada di pertemuan tiga lempeng teknonik. Hal ini lah yang mendasari terjadinya bencana gempa tersebut.

BMKG memperkirakan gempa megathurst ini akan terjadi dalam waktu dekat yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Inodonesia. Tentunya kamu harus terus Waspada terhadap bencana alam satu ini yang dapat terjadi kapan saja. Yang mana telah di sebutkan oleh BMKG, beberapa wilayah yang berpotensi terkena bencana gempa megathturst ini di Indonesia di antaranya adalah Selat Sunda dan Mentawai hingga Siberut. Terdapat banyak sekali daerah di negera ini yang mmeiliki potensi terkena bencana alam ini. Pastinya kamu semakin penasaran dengan wilayah yang akan terdampak bencana gempa megathrust ini. Maka dari itu, simak terus artikel ini agar nggak ketinggalan informasi ya.

Indonesia memiliki posisi yang cukup membahayakan. Pasalnya negara ini berada di pertemuan tiga lempeng tektonik. Dimana jika terjajdi pergerakan atau tabrakan antar lempeng dapat menyebabkan tekanan besar yang biasa di sebut dengan gempa bumi. Tentunya hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia harus Waspada dan berhati-hati dengan adanya potensi bencana gempa megathrust ini. Namun sebelum itu, tentu kamu bertanya-tanya dengan apa yang di maksud dengan gempa meghatrust. Tak hanya itu saja, pastinya juga terbesit di otak mu bagaimana dampak adanya gempa megathrust ini. Apakah gempa besar? Apakah sangat berdampak? Bagaimana bisa? tenang saja semua pertanyaan itu akan kamu temukan penjelasaannya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Gempa Megathrust?

Nah sebelum menyelam lebih dalam, tentu kamu harus paham terlebih dahulu mengenai gempa megathrust. Apa Itu Gempa Megathrust? Untuk kamu yang sudah sangat penasaran, simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya.

Gempa megathrust terkenal dengan guncangannya yang begitu dahsyat sehingga dapat menimbulkan potensi terjadinya tsunami besar. Tentunya dengan terjadinya gempa ini akan mengakibatkan dampak bencana yang begitu besar. Gempa dapat terjadi karena pergerasan lempeng tektonik yang ada di dasar bumi. Sedangkan megathrust merupakan istilah yang di gunakan untuk merujuk sumber atau zona terjadinya gempa. Maka dari itu gempa megathrust merupakan gempa yang terjadi akibat pergeseran lempeng bumi dengan kekuatan guncangan yang besar.

Di ketahui, gempa megathrust dapat terjadi ketika bagian dangkal suatu lempeng mempunyai sudut tukik yang cukup landai. Pada saat pergeseran lempeng samudera menuju ke bagian lempengan benua akan mengakibatkan terjadinya medan tegangan. Hal ini akan membuat lempeng benua menjadi terdorong naik. Yang mana ini menjadi sumber atau zona yang di sebut dengan megathruts.

BMKG Indonesia belum lama ini memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat akan adanya potensi gempa megathrust yang akan terjadi beberapa wilayah indonesia. Tentunya peringatan ini harus di waspadai oleh semua masyarakat maupun oleh pihak negara. Beberapa wilayah atau daerah yang berpotensi terkena bencana gempa ini di antaranya adalah selat sunda. Namun tak hanya itu saja, posisi atau letak geografis indonesia yang berada di pertemuan tiga lempeng juga menjadi hal yang harus di perhatikan. Maka dari itu, simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi mengenai daerah yang akan terdampak gempa megathrust.

Waspada, Daerah Ini Berpotensi Terkena Dampak Gempa Megathrust

Tentunya dengan adanya peringan adanya gempa ini membuat beberapa masyarakat menjadi panik. Pasalnya bencana gempa ini dapat terajdi sewaktu-waktu. Menurut BMKG, gempa megathrust akan menyerang repulik indonesia dalam waktu dekat ini. Maka dari itu kamu harus Waspada, Daerah Ini Berpotensi Terkena Dampak Gempa Megathrust.

Sumatera menjadi salah satu wilayah berpotensi terdampak bencana gempa megathrust yang menyerang indonesia. Menurut BMKG, wilayah ini akan terdampak gempa megathrust dengan magnitudo mencapai 8,9 dan adanya tsunami dengan tinggi puluhan meter. Adapun wilayah sumatera yang terkena dampak gempa ini di antaranya adalah banda aceh, medan, sibolga, nias, padang, pariaman, kepulauan mentawai, hingga bengkulu, dan lampung.

Gempa megathrust yang terjadi di indonesia juga berpotensi pada pesisir selatan jawa. Yang mana daerah ini juga bepotensi memiliki gempa besar di sertai dengan adanya tsunami. Daerah pesisir selatan jawa yang terkena gempa ini adalah anyer, pandeglang, cilacap, kulon progo, kebumen, hingga pacitan, trenggalek, dan banyuwangi.

Wialayah nusa tenggara juga berpotensi terkena gempa megathrust ini. Wilayah mataram, lombok, sumbawa, kupang, dan flores menjadi wilayah yang memiliki potensi terdampak gempa. Tak hanya itu saja, gempa ini juga dapat berpotensi terjadi di sulawesi utara hingga maluku. Di perkirakan, derah sulawesi utara yang terdampak di antaranya adalah bitung, manado, dan bolaang mongondow. Sedangkan di wilayah maluku, gempa megathrust di perkirakan berpotensi terjadi di ambon dan ternate.

Peringatan Gempa Dapat Terjadi Sewaktu-Waktu

Peringatan Gempa Dapat Terjadi Sewaktu-Waktu telah di himbau oleh BMKG RI. Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi Tsunami Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono menyubutkan bahwa gempa megathrust yang berpotensi menyerang wilayah Indonesia dapat terjadi sewaktu-waktu. Yang mana melihat daerah atau wilayah yang berpotensi terkena gempa tersebut sudah ratusan tahun di prediksi akan memicu gempa. Namun hingga saat ini gempa ini tak kunjung muncul. Maka dari itu, Daryono menyubutkan gempa megathrust yang melanda indonesia ini hanya menunggu waktu.

Tak hanya itu saja, gempa yang terjadi di Jepang (8/8/24) lalu juga dapat memicu terjadinya tsunami. Yang mana gempa megathrust nankai yang dada di jepang ini memiliki zona sagat aktif. Zona nankai tersebut sanagt mirip dengan lempengan megathrust yang ada di Indonesia.

Tentunya kamu harus sangat waspada dalam adanya peringatan tersebut. Gempa ini dapat terjadi sewaktu-waktu dan kapan saja. Meskipun kabar peringatan tersebut sudah lama muncul, namun hingga saat ini belum ada peran dari pemerintah untuk mengantisipasi adanya bencana gempa megathrust ini. Hanya berita pemberitahuan saja tanpa adanya tindakan untuk mencegah dan lain sebagainya. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan semuanya.

Tips untuk menghadapi bencana gempa megathrust ini salah satunya adalah lari keluar rumah menuju ke halaman terbuka. Kamu juga perlu menyiapkan tas ransel yang berisi pakaian dan obat-obatan. Tentunya ini menjadi salah satu langkah yang dapat kamu lakukan sendiri untuk mengatasi adanya bencana gempa megathrust yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Tak ada yang tahu potensi gempa ini akan terjadi sehingga kamu harus tetap terus Waspada.

Exit mobile version