BeritaKota24

Kumpulan Berita Viral Kota Terbaru

Travel

Menjelajahi Gunung Agung Yang Di Anggap Suci Masyarakat Bali

Menjelajahi

Menjelajahi Gunung Agung Yang Di Anggap Suci Masyarakat Bali Beserta Dengan Fakta Menarik Lainnya Dapat Kamu Temukan Pada Artikel Ini. Gunung Agung merupakan salah satu gunung terkenal yang ada di Indonesia. Gunung ini berada di Bali yang di anggap sebagai gunung yang suci oleh masyarakat di Bali. Tentunya tak hanya sebagai wisata gunung saja, tempat ini juga memiliki banyak makna sehingga di anggap suci oleh masyarakat sekitar. Pastinya kamu menjadi sangat penasaran dengan gunung satu ini. Dimana gunung ini menyimpan banyak sekali makna di dalamnya. Untuk itu, simak terus artikel ini karena akan mengajak kamu untuk Menjejalahi gunung agung yang di anggap suci oleh para msyarakat di Bali.

Bali merupakan daerah yang terkenal dengan wisatanya yang sangat menarik. Pulau ini di kenal dengan sebutan pulau dewata yang memiliki daya tarik cukup unik. Maka tak heran jika pulau ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Bali menjadi daerah tujuan favorite bagi orang yang hendak berlibur. Tentunya berlibur di Bali menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai keindahan destinasi wisata yang di milikinya. Tak hanya terkenal dengan wisatanya saja, pulau satu ini juga terkenal dengan daerah yang masih mistis. Masyarakat asli Bali masih banyak menganut adat dan kepercayaan peninggalan dari nenek moyang. Hampir seluruh masyarakat di bali masih melakukan ritual yang berhubungan dengan kepercayaan masing-masing.

Salah satu wisata yang terkenal di Bali adalah Gunung Agung. Gunung ini tak hanya sekedar gunung wisata saja, melainkan gunung agung sebagai gunung yang di anggap suci oleh para masyarakat sekitar di Bali. Gunung agung memiliki banyak sekali fakta menarik di dalamnya. Pastinya setelah membaca artikel ini kamu menjadi tertarik untuk Menjelajahi gunung agung ini. Tenang saja, artikel ini akan mengajak kamu untuk mengulik dan menelusuri destinasi wisata yang di angga suci ini. Maka dari itu jangan kemana-mana, simak terus artikel ini agar nggak ketinggalan informasi ya.

Fakta Menarik Gunung Agung Yang Dapat Kamu Temukan

Fakta Menarik Gunung Agung Yang Dapat Kamu Temukan bisa kamu simak di bawah ini. Tak hanya sebagai wisata gunung biasa saja, gunung agung memiliki berbagai fakta menarik yang sangat unik. Dimana gunung ini menjadi salah satu tempat yang di anggap suci oleh para masyarakat di bali. Untuk kamu yang penasaran, simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya.

Fakta menarik pertama yang akan kamu temukan di gunung agung adalah kamu dapat melihat keindahan guung rinjani dari puncak gunung ini. Gunung agung memiliki ketinggian 3.031 mdpl yang terbilang cukup tinggi. Faktanya, di puncak gunung agung kamu dapat menyaksikan keindahan gunung rinjani yang berada di sebelah timur dari gunung ini. Tak hanya itu saja, dari puncak gunung agung kamu juga dapat menyaksikan berbagai keindahan alam sekitar lainnya seperti pantai-pantai di bali hingga pantai di nusa penida. Pastinya gunung ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan berbeda dengan gunung lain.

Selain keindahan alam yang di berikan oleh gunung ini, gunung agung juga terkenal dengan tempat yang di anggap suci. Gunung agung di anggap suci karena terdapat bangunan pura di sekitar lereng gunung ini. Adanya bangunan pura yang berada di lereng gunung ini membuat gunung ini di anggap sebagai tempat suci oleh masyarakat sekitar di bali. Yang mana pura tersebut di sebut dengan pura bekasih. Yang mana masyrakat bali mempercayai bahwa pura bekasih merupakan tempat yang di gunakan oleh dewa untuk bersemayam. Maka dari itu, gunung ini di anggap suci karena menjadi tempat para dewa.

Menjelajahi Cerita Mitos Gunung Agung

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kamu menjadi sangat penasaran dengan gunung satu ini. Gunung agung menjadi gunung yang terkenal dengan keindahan alamnya dan kesuciannya. Simak terus artikel ini akan mengajak kamu untuk Menjelajahi Cerita Mitos Gunung Agung.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, terdapat pura yang berada di lereng gunung agung. Menariknya, bagian pura ini tidak terkena lahar dan letusan dari gunung agung yang terjadi pada tahun 1963 silam. Yang mana letusan ini menjadi letusan gunung agung yang di percaya menjadi peringatan dari dewata. Berdasarkan cerita sejarah yang ada, gunung agung dan pura bekasih menjadi fondasi dari terciptanya masyarakat di bali.

Selain itu, di sekitar gunung agung juga terdapat banyak sekali pura komplek di gunug agung. Dimana pura ini di dedikasikan untuk para dewa yang ada menurut kepercayaan. Terdapat pura penataran agung yang di sembahkan untuk dewa siwa, pura batu madeg yang di persembahkan untuk dewa wisnu, dan pura kuduling kreteg untuk dewa brahma.

Di sekitar gunung agung juga terdapat 19 bangunan candi yang berada di lereng gunung. Masing-masing candi memiliki makna dan dedikasi tersendiri dalam kepercayaan hindu. Candi ini di anggap sebagai tempat yang suci oleh masyarakat sekitar daerah tersebut. Di temukan terdapat masyarakat yang mengambil air suci untuk upacara di kuil setiap harinya. Selain itu, setiap bangunan pura dan candi ini memiliki upacara tahunan yang berbeda.

Menjelajahi Jalur Pendakian Gunung Agung

Tak kalah menarik dengan cerita kepercayaan masyarakat sekitar yang cukup unik, gunung agung memiliki keindahan alam puncak gunung yang sangat menawan. Gunung agung menjadi gunung yang banyak di favoritekan oleh para pendaki karena keindahan alam yang di suguhkan. Berikut artikel ini akan mengajak kamu untuk Menjelajahi Jalur Pendakian Gunung Agung yang beserta dengan pantangannya.

Terdapat 2 jalur pendakian di gunung ini. Jalur pendakian pertama gunung agung adalah melalui pura bekasih dnegan ketinggian 1.180 mdpl.Untuk mencapai puncak gunung agung dari puncak bekasih, kamu membutuhkan waktu pendakian selama 6 jam. Sedangkan jalur pendakian gunung agung yang kedua adalah melalui pura pasar agung. Yang mana pura pasar agung memiliki ketinggian 1.600 mdpl. Di ketahui pendakian gunung agung dari pura pasar agung memiliki pesona keindahan alam yang lebih menarik.

Terkenal dengan kemistisannya, gunung ini memiliki beberapa pantangan yang harus di perhatiakan. Beberapa pantangan tersebut di antaranya adalah tidak boleh membawa makanan yang berasal dari daging, baik daging sapi maupun daging babi. Pantangan kedua adalah tidak boleh mendaki gunung ketika dalam keadaan menstuasi. Tak hanya itu saja, orang yang sedang berduka juga tidak di perkenankan untuk mendaki gunung ini.

Selama melakukan pendakian, tentu kamu harus memperhatikan tutur kata yang keluar dari mulutmu. Di sini, kamu perlu menjaga tutur kata selama melakukan pendakian gunung agung. Tentunya pendaki juga harus menjaga tingkah laku nya selama melakukan pendakian. Gunung agung menjadi salah satu wisata di bali yang terkenal dengan keindahan alam sekaligus kemistisannya. Pastinya kamu akan mendapatkan momen yang seru dan menyenangkan ketika Menjelajahi.