BeritaKota24

Kumpulan Berita Viral Kota Terbaru

HealthSport

5 Rekomendasi Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia

5 Rekomendasi

5 Rekomendasi Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga Dan Terhindar Dari Berbagai Ancaman Penyakit. Olahraga sangat penting di lakukan oleh semua orang baik tua maupun muda. Terlebih untuk orang tua, aktivitas ini sangat di butuhkan agar memiliki kesehatan tubuh yang tetap terjaga. Kebutuhan olahraga pada lansia lebih banyak di bandingkan dengan anak-anak muda atau usia dini. Pasalnya orang tua atau orang lanjut usia memiliki struktur tubuh yang sudah cukup rapuh. Maka dari itu sangat di butuhkan kegiatan yang dapat menunjang struktur tubuh agar tetap kuat. Namun kamu nggak boleh sembarangan dalam memilih olahraga untuk para lansia. Tentunya olahraga yang di pilih oleh lansia harus selalu memperhatikan kesehatannya.

Terdapat banyak sekali jenis olaharga yang ada. Namun tak semua jenis olahraga ini cocok di lakukan oleh para orang lanjut usia. 5 Rekomendasi olaharga yang tepat untuk lansia akan kamu temukan pada artikel ini. Yang mana pemilihan olahraga bagi lansia harus memperhatikan berbagai aspek salah satunya adalah risiko olahraha yang di berikan. Oleh karena itu, jangan kemana-mana simak terus artikel ini dengan baik ya.

Dalam memilih dan menentukan olahraga untuk lansia, hal yang perlu di perhatikan adalah risiko dari olaharga. Kondisi tubuh yang sudah cukup rapuh membuat para lansia tidak dapat menerima tekanan yang terlalu kuat. Dalam hal ini, kamu perlu memilih jenis olahraga ringan yang tidak menimbulkan risiko dan membahayakan kesehatan tubuh untuk lansia. 5 Rekomendasi olahrarga yang tepat untuk lansia di antaranya adalah peregangan.

Peregangan menjadi olahraga yang tepat di pilih oleh para lansia. Pasalnya gerakan peregangan akan menjaga dan merawat kondisi otot lanisa yang semakin mengendur. Peregangan dapat di lakukan untuk melatih semua otot tubuh di antaranya otot leher, otot punggung, otot dada, otot lengan, paha hingga betis. Di sarankan peregangan di lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jalan Kaki Menjadi Pilihan Dari 5 Rekomendasi Olahraga

Jalan Kaki Menjadi Pilihan Dari 5 Rekomendasi Olahraga yang mudah di lakukan untuk para orang tua lanjut usia. Tak banyak yang tahu bahwa kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh bagi para lansia. Jalan kaki termasuk ke dalam jenis olahraga ringan yang cocok di pilih oleh para lansia setiap hari. Tentunya berjalan kaki 30 menit setiap pagi akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh para lansia.

Berjalan kaki secara rutin setiap pagi akan meningkatkan kemampuan otot kaki bagi para lansia. Di ketahui, jalan kaki dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang pada lansia. Hal ini di karenakan dengan berjalan kaki, otot-otot kaki pada lansia akan tetap padat karena dapat menahan beban tubuh yang di miliki oleh lansia.

Tak hanya itu saja, berjalan kaki dengan cepat juga dapat meningkatkan detak jantung pada lansia. Tentunya ini sangat baik bagi kesehatan tubuh lansia yang mana semakin tua akan memiliki detak jantung yang melemah. Dengan rutin melakukan jalan kaki dengan cepat tentu kamu akan dapat mempertahankan detak jantung yang baik. Jenis olahraga ini juga terbukti aman dan tidak berisiko untuk lansia. Yang mana olahraga tidak mengakibatkan dampak persendian pada orang lanjut usia.

Selain olahraga jalan kaki, olahraga yang tepat untuk lansia adalah naik turun tangga. Naik turun tangga setiap hari sekali dapat memberikan kekuatan otot pada kaki lansia yang baik. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk mempertahankan susunan tulang sehingga tidak mudah keropos. Untuk para lansia, di sarankan untuk melakukan olahraga naik turun tangga satu kali sehari agar tidak berisiko kelelahan pada otot.

Berenang Menjadi Olahraga Yang Bagus Untuk Lansia

Rekomendasi olahraga selanjutnya yang tepat untuk lansia adalah berenang. Berenang menjadi olahraga yang seru dan menyenangkan untuk di lakukan. Yang mana dengan melakukan olahraga ini kamu akan mendapatkan kesegaran dan cenderung tidak menimbulkan rasa kelelahan. Maka dari itu, Berenang Menjadi Olahraga Yang Bagus Untuk Lansia.

Olahraga berenang yang di lakukan oleh lansia juga menyimpan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatannya. Gerakan yang ada pada olahraga air ini tidak memberikan dampak yang serius pada persendian orang lanjut usia. Dimana pada saat berenang, tubuh akan di topang oleh air sehingga aman dan tidak menganggu persendian. Olahraga air ini juga dapat berperan dalam memberikan pernapasan yang lebih sehat pada lansia.

Berenang juga dapat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah pada tubuh. Tentunya ini sangat baik untuk para lansia yang mana sering di temukan lanisa yang memiliki sedikit penyumbatan pada aliran darah. Dengan melakukan renang secara rutin tentu kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang di berikan. Berenang dapat di lakukan selama satu minggu sekali untuk hasil yang optimal. Idealnya, berenang di lakukan selama 20 hingag 30 menit atau di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Namun jangan terlalu memaksakan kondisi tubuh jika sudah tidak mampu.

Yoga Pilihan Olahraga Tepat Untuk Orang Tua Lanjut Usia

Untuk para lansia yang sudah memiliki keterbatasan untuk keluar rumah, pilihan olahraga ini sangat tepat untuk mu. Yoga Pilihan Olahraga Tepat Untuk Orang Tua Lanjut Usia yang dapat di lakukan dengan mudah dari rumah. Kamu bisa melakukan olaharga ini setiap harinya dari rumah. Namun tentunya nggak boleh di lakukan asal-asalan, untuk menjaga keamanan kamu perlu mengundang seorang mentor atau inspektur yoga untuk membantu mengarahkan gerakan-gerakan yoga.

Yoga merupakan olahraga yang terkenal baik dalam menjaga kelenturan tubuh. Tentunya kamu udah nggak asing lagi dengan banyaknya jenis olaharga yoga mulai dari yoga untuk kehamilan hingga yoga untuk orang lanjut usia. Maka dari itu seperti yang sudah di jelaskan di atas, kamu perlu mengundang seorang instruktur yoga untuk mendapatkan gerakan-gerakan yoga yang tepat untuk nenek atau kakek di rumah.

Tentunya olahraga ini akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh lansia. Dimana olahraga ini dapat meningkatkan fleksibilitas otot, meningkatka keseimbangan tubuh, dan tentunya memberikan ketenangan bagi tubuh. Tak hanya itu saja, gerakan yang ada di dalam olahraga yoga juga tidak memberikan risiko kesehatan untuk lansia. Yoga menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk lansia. Untuk hasil yang maksimal, olahraga ini dapat di lakukan seminggu satu hingga dua kali. Pastinya dengan melakukan yoga secara rutin kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan juga lentur meskipun sudah tua.

Olahraga menjadi aktivitas penting yang harus di lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai jenis olahraga baik untuk tubuh namun belum tentu baik untuk lansia. Peregangan, jalan cepat, naik turun tangga, berenang, hingga yoga menjadi pilihan olahraga yang tepat. Jalan cepat menjadi pilihan olahraga yang mudah di lakukan dari 5 Rekomendasi.